21 Makanan Khas Indonesia Paling Populer

 

1. Kerak Telor

akanan khas dari Jakarta yang satu ini sebenarnya merupakan perpaduan dari kuliner Portugis. Kerak telor mudah ditemui di Jakarta terutama pada saat diadakannya  Pekan Raya Jakarta bahkan kerak telor acap kali dijadikan simbol kuliner klasik budaya Betawi.

 

2. Mie Kocok Bandung

Mie kocok tentu saja berbeda dengan mie bakso dari segi kuah maupun isian andalannya. Kuah mie bakso cenderung lebih encer, sedangkan kuah mie kocok lebih kental. Komponen mie bakso terdiri atas mie bulat, bihun, tauge, sawi hijau, dan bakso. Sementara itu, komponen mie kocok terdiri atas mie gepeng, tauge, dan kikil.

 

3. Mie Aceh

mie-aceh

Mie Aceh sangat jelas berasal dari daerah Aceh. Mie ini salah satu makanan khas daerah Aceh yang juga merupakan makanan khas Indonesia. Bahan dasar makanan ini adalah berasal dari mie kuning tebal dengan diirisi daging sapi, daging kambing ataupun makanan laut seperti udang dan cumi-cumi yang disajikan dalam bentuk sup dengan kuah sejenis kari yang gurih serta pedas.

4. Bika Ambon

Bika Ambon adalah makanan khas Indonesia dari daerah Medan, Sumatera Utara. Bika ini terbuat dari berbagai bahan seperti telur, gula serta santan yang umumnya beraroma pandan wangi. Bika Ambon ini menjadi salah satu makanan favorit daerah Medan.

5. Rendang

Rendang atau dalam bahasa Minangnya lebih dikenal dengan Randang makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat. Rendang ini merupakan salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daginf dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya. Rendang ini biasanya mempunyai kandungan bumbu repah-rempah yang sangat banyak.

6. Empek-empek Palembang

Empek-empek atau sering dinamakan dengan sebutan pempek merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Makanan khas ini umumnya terbuat dari ikan dan sagu. Namun makanan ini tidak hanya terdapat di daerah Palembang saja akan tetapi sudah banyak masyarakat Sumatera Selatan yang memproduksinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *